SINOPSIS CERPEN

A. Cerpen “Pispot” karya Hamsad Rangkuti
Cerita berawal dari penangkapan seorang penjambret yang beraksi di tengah pasar. Bersama wanita pemilik kalung 15 gram yang menjadi korban penjambretan, tokoh aku, petugas pasar, dan beberapa polisi akhirnya penjambret tersebut dibawa ke kantor polisi.
Di kantor polisi penjambret tersebut dipaksa untuk mengaku. Saat itulah tokoh aku mengadu pada polisi bahwa penjambret itu telah menelan kalung yang dijambretnya. Berkat keterangan tokoh aku inilah, maka polisi memaksa penjambret itu mengeluarkan kalung yang ditelannya. Penjambret itu menolak tetapi atas bujukan tokoh aku akhirnya penjambret itu mau menelan obat pencahar berupa larutan garam inggris, buah pepaya dan pisang untuk mengeluarkan kalung tersebut.
Melalui pispot, penjambret itu mengeluarkan kotorannya tetapi karena kalung milik wanita tidak diketemukan juga, maka akhirnya polisi membebaskan penjambret itu. Tokoh aku yang merasa sangat bersalah mengantarkan penjambret itu pulang ke rumahnya.
Setibanya di gang tempat tinggalnya, barulah penjambret itu mengaku bahwa memang benar ia telah menelan kalung 15 gram milik wanita itu. Ia terpaksa melakukannya karena saat itu ia sangat membutuhkan uang untuk mengobati anaknya yang sedang sakit, tetapi setiap kalung itu keluar ia langsung menelannya kembali. Kejadian itu terulang selama tiga kali hingga akhirnya ia dibebaskan karena polisi tidak dapat membuktikan kesalahannya.

B. Cerpen ‘Si Bongkok dari Seoul’ karya Kwon Taeung
Cerita berawal dari penggambaran tokoh aku yang sedang terkenang seorang wanita muda dan cantik yang berasal dari Ahyondong. Wanita inilah yang selama beberapa hari tinggal bersamanya di sebuah rumah mewah yang diakui tokoh aku sebagai miliknya.
Dalam suasana perang, tanpa sengaja mereka bertemu dan sama-sama bersembunyi di rumah tersebut hingga akhirnya wanita itu pergi meninggalkannya begitu saja setelah merasa berhasil menguasai rumah tersebut.
Ketika peperangan usai, akhirnya tokoh aku juga mulai meninggalkan rumah itu karena ia sadar bahwa pemilik rumah yang sebenarnya pasti akan kembali. Ia menuju ke gubuk kecilnya yang masih utuh tetapi di sana ia tidak menemukan anjing kecilnya yang bernama Willi. Karena itulah ia kembali ke tengah kota tetapi alangkah terkejutnya ia saat melewati rumah mewah yang sempat ditempatinya. Di depan rumah itu duduklah wanita dari Ahyondong bersama seorang lelaki yang sehat dan berotot, tidak bongkok seperti dirinya.
Tokoh aku merasa sangat sedih dan kecewa karena ia telah kehilangan anjing kecilnya dan dikhianati oleh wanita dari Ahyondong itu. Ia tak punya apa-apa lagi.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "SINOPSIS CERPEN"