DEFINISI PUISI

Bagi Anda pecinta sastra khususnya puisi, suka menulis puisi tapi tak tahu apa itu puisi, silahkan intip beberapa definisi puisi yang telah kurangkum di bawah ini, karena pepatah mengatakan ”tak kenal maka tak sayang”, jika sudah terlanjur sayang tapi tak sanggup mengenali maka tak pernah ada kata terlambat, tinggal sedikit modal baca dan rajin cari sana-sini.
Definisi berikut diungkapkan oleh beberapa tokoh, sedangkan menurutku sendiri, secara garis besar puisi adalah bentuk karya sastra yang membentuk baris dan bait, ditampilkan secara indah, tidak bertele-tele, tepat sasaran dan bisa melukiskan perasaan penyairnya karena puisi adalah gambaran suasana hati yang jujur, bersih, meyakinkan, dan apa adanya.

Altenbernd (1970: 2)
Puisi adalah perumpaman pengalaman yang bersifat penafsiran dalam bahasa berirama (bermetrum) (as the interpretive dramatization of experience in metrical language).

Auden
Puisi itu lebih merupakan pernyataan perasaan yang bercampur-baur (Kennedy, 1971: 331).

Clive Sansom
Puisi sebagai bentuk pengucapan bahasa yang ritmis, yang mengungkapkan pengalaman intelektual yang bersifat imajinatif dan emosional (1960: 6).

Dunton
Puisi merupakan pemikiran manusia secara konkret dan artistik dalam bahasa emosional serta berirama.

Edgar Allan Poe
Puisi merupaakan penjelmaan dan cita rasa penyairnya (1960: 8).

Herbert Spencer
Puisi merupakan bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan efek keindahan (Sansom, 1960: 5).

Herman J. Waluyo
Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyairnya secara imajinatif dan disusun dengan pengkonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya (1987: 25).

James Reeves
Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat.

M. Taslim Ali
Puisi adalah gambaran getaran jiwa penyairnya. Dengan bahasa yang indah, penyair mengungkapkan apa yang dilihat, dialami, atau dirasakannya.

P. B. Shelley
Puisi adalah rekaman dari saat-saat yang paling baik dan paling menyenangkan (Blair dan Chandler, 1935: 4).

Samuel Jhonson
Puisi adalah peluapan yang spontan dari perasaan yang penuh daya yang berpangkal pada emosi yang berpadu kembali pada kedamaian (Tarigan, 1984: 5).

Samuel Taylor Coleridge
Puisi adalah kata-kata terindah dalam susunan terindah (1960: 5).

Shahnon Ahmad
Puisi itu merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, digubah dalam wujud yang paling berkesan (1978: 3 s.d. 4)

Slamet Muljana
Puisi merupakan bentuk kesusatraan yang menggunakan pengulangan suara sebagai ciri khasnya (1951: 58).

Thomas Carlyle
Puisi merupakan ungkapan pikiran yang bersifat musikal (Kennedy, 1971: 331).

Wirjosoedarmo
Puisi adalah karangan yang terikat oleh banyak baris dalam tiap bait (kuplet/strofa, suku karangan), banyak kata dalam tiap baris, banyak suku kata dalam tiap baris, rima, dan irama.

Wordsworth
Puisi adalah pernyataan perasaan yang imajinatif, yaitu perasaan yang direkakan atau diangankan (2002: 6).
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to " "